Dari beberapa pendapat di atas, dapat
ditegaskan bahwa pada prinsipnya pendapat-pendapat tersebut memiliki kesamaan
dan saling melengkapi. Selanjutnya menurut hemat penulis yang perlu
dipertimbangkan dalam pemilihan media yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan,
peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, dan
kemampuan orang yang menggunakannya serta alokasi waktu yang tersedia. Untuk
memperoleh gambaran yang jelas tentang hal ini akan diuraikan sebagai berikut:
1. Tujuan
pembelajaran. Media hendaknya dipilih
yang dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
sebelumnya, mungkin ada sejumlah
alternatif yang dianggap cocok untuk tujuan-tujuan itu. Sedapat mungkin
pilihlah yang paling cocok. Kecocokan banyak ditentukan oleh kesesuaian
karakteristik tujuan yang akan dicapai dengan karakteristik media yang akan
digunakan.
2.
Keefektifan. Dari beberapa alternatif media yang sudah dipilih,
mana yang dianggap paling efektif untuk
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
3. Peserta didik.
Ada beberapa pertanyaan yang bisa diajukan ketika kita memilih media
pembelajaran berkait dengan peserta didik, seperti: apakah media yang dipilih
sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik, baik itu kemampuan/taraf
berpikirnya, pengalamannya, menarik tidaknya media pembelajaran bagi peserta
didik? Digunakan untuk peserta didik
kelas dan jenjang pendidikan yang
mana? Apakah untuk belajar secara individual, kelompok kecil, atau kelompok
besar/kelas? Berapa
jumlah peserta didiknya? Di mana
lokasinya? Bagaimana gaya
belajarnya? Untuk kegiatan tatap muka atau jarak jauh? Pertanyaan-pertanyaan
tersebut perlu dipertimbangkan ketika
memilih dan menggunakan media dalam kegiatan pembelajaran.
4. Ketersediaan.
Apakah media yang diperlukan itu sudah
tersedia? Kalu belum, apakah media itu dapat diperoleh dengan mudah? Untuk
tersedianya media ada beberapa alternatif yang dapat diambil yaitu membuat
sendiri, membuat bersama-sama dengan peserta didik, meminjam menyewa, membeli
dan mungkin bantuan.
5. Kualitas teknis.
Apakah media media yang dipilih itu kualitas baik? Apakah memenuhi syarat
sebagai media pendidikan? Bagaimana keadaan daya tahan media yang dipilih itu?
6. Biaya pengadaan.
Bila memerlukan biaya untuk pengadaan media, apakah tersedia biaya untuk itu?
Apakah yang dikeluarkan seimbang dengan manfaat dan hasil penggunaannya? Adakah
media lain yang mungkin lebih murah, tetapi memiliki keefektifan setara?
7. Fleksibilitas (lentur), dan kenyamanan media. Dalam memilih media harus dipertimbangkan
kelenturan dalam arti dapat digunakan dalam berbagai situasi dan pada saat
digunakan tidak berbahaya.
8. Kemampuan orang yang menggunakannya. Betapapun tingginya nilai kegunaan media,
tidak akan memberi manfaat yang banyak bagi orang yang tidak mampu
menggunakannya.
9. Alokasi waktu, waktu yang tersedia dalam proses pembelajaran
akan berpengaruh terhadap penggunaan media pembelajaran. Untuk itu ketika
memilih media pembelajaran kita dapat mengajukan beberapa pertanyaan seperti;
apakah dengan waktu yang tersedia cukup untuk pengadaan media, apakah waktu
yang tersedia juga cukup untuk penggunaannya.
0 komentar:
Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Untuk berkomentar anda bisa gunakan format di bawah ini.
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email /Kosongkan)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar