Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima kasih anda sudah berkunjung di Website KREASI | Sebuah Kreasi yang mencoba memberikan pengetahuan untuk melangkah dalam masa depan yang Gemilang | Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda |

Minggu, 23 Desember 2012

Butir – butir pengamalan pancasila Sila kelima

BAB II
PEMBAHASAN
Butir – butir pengamalan pancasila sila kelima
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kalimat tersebut memiliki makna yang sangat luas. Makna dari sila ke lima Pancasila yang disarikan isi dan naskah tersebut kedalam 45 butir P-4 diantaranya :
a.         Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong – royong
b.        Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
c.         Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
d.        Menghormati hak orang lain
e.         Suka memberikan pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
f.         Tidak menggunakan hak milik usaha – usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
g.        Tidak menggunakan hak milik untuk hal – hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
h.        Tidak menggunakan hak – hak milik untuk hal – hal yang bertentangan dengan kepentingan umum.
i.          Suka bekerja keras
j.          Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama
k.        Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Sila ke lima Pancasila yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat indonesia diliputi, didasari, dijiwai oleh sila ke 1,2,3,4. Dengan demikian makna yang terkandung dalam sila ke lima Pancasila merupakan gambaran terlengkap 5 dari makna keseluruhan Pancasila. Namun nilai yang terkandung dalam Pancasila selain sila ke 5 juga memiliki keterkaitan dengan sila lainnya.Dalam kehidupan sehari- hari, pengamalan sila kelima Pancasila terkadang tidak sesuai dengan makna yang terkandung dalam sila tersebut. Hal ini akan berakibat pada berubahnya sikap masyarat Indonesia. Jika masyarakat Indonesia bersikap tidak sesuai nilai dan norma Pancasila, maka bisa dikatakan bangsa tersebut kehilangan jati diri bangsa. Jika suatu bangsa kehilangan jati diri bangsa, mudah bangsa lain untuk menjajah bangsa Indonesia. Perilaku yang dipedomankan sebagai pengamalan Pancasila beserta pengamalan di masyarakat Indonesia diantaranya :
1.      Mengembangkan perbuatan luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong – royong.
2.      Kita hidup dilingkungan yang masih berada di wilayah Indonesia. Sudah menjadi kodrat manusia sebagai mahluk sosial sebaiknya memiliki sikap tolong menolong antar sesama, gotong- royong, tenggang rasa sesama manusia tanpa membedakan ras, suku, jenis kelamin dan agama. Namun, dimasa sekarang nampaknya sikap tersebut sudah meluntur. Banyak orang yang bekerja sehari suntuk hingga ia tidak dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Hingga timbul sikap acuh tak acuh dan individualis, sikap yang bertentangan dengan nilai Pancasila. Seharusnya kita sebagai rakyat Indonesia yang memiliki pandangan hidup Pancasila lebih mementingkan kepentingan sosial diatas kepentingan pribadi.[1]
A.    Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
Penjabaran makna adil yang sesungguhnya terkadang memberikan pro dan kontra antar manusia. Adil dalam hukum yakni semua rakyat Indonesia memiliki kedudukan yang sama dimata hukum. Adil terhadap sesama yaitu, memperlakukan manusia sama dengan yang lain tanpa membedakan suku, ras, agama,jenis kelamin.

B.     Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban
Rakyat Indonesia memiliki hak dan kewajiban yang sama untuk membela negaranya. Rakyat indonesia juga memiliki jaminan hak asasi manusia yang tertuang dalam UUD 1945. Hak asasi manusia tersebut mencakup hak atas kwdudukan yang sama dalam hukum, hak atas penghidupan yang layak, hak atas kehidupan berserikat dan , berkumpul, hak atas kebebasan mengeluarkan pendapat, hak atas kemerdekaan memeluk agama, hak untuk mendapatkan pengajaran, dsb. Dengan dirumuskannya hak asasi dalam UUD 1945, mengandung pengertian bahwa UUD mewajibkan pemerintah dan lain – lain penyelenggara negara untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur yang bersifat universal serta memegang teguh cita- cita moral rakyat yang luhur.
C.    Menghormati hak orang lain
Setiap manusia memiliki hak. Hak yang telah diperoleh dan dibawanya sejak lahir yaitu hak asasi manusia. Hak asasi manusia berlaku sejak ia lahir dibumi tanpa perbedaan atas dasar bangsa, ras, agama, kelamin. Dengan HAM, manusia memperoleh kesempatan untuk berkembang sesuai dengan bakat dan cita-citanya.
D.    Suka memberikan pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri
Untuk mengejar kehidupan yang lebih baik, manusia harus bekerjasama dengan manusia lain dalam masyarakat. Manusia mustahil dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kenyataan ini menimbulkan kesadaran bahwa segala yang dicapai dan kebahagiaan yang dirasakan oleh manusia pada dasarnya adalah berkat bantuan dan kerjasama orang lain di masyarakat.
E.     Tidak menggunakan hak milik usaha – usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain
Masih sering kita jumpai kasus- kasus suap, pungli, sogokan marak disegala bidang. Bukan hanya badan usaha milik pererintah, badan usaha milik swasta juga dapat kita jumpai pungli, suap, sogokan. Hal tersebut sangat merugikan masyarakat dan negara. Masyarakat dirugikan karena melakukan pengorbanan yang lebih banyak dari pada peratuan yang telah ditetapkan dan tidak memiliki kesempatan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan dikarenakan pungli, sogokan dan suap. Sedangkan negara menderita kerugian dikarenakan sesuatu yang seharusnya benar kelak menjadi salah. Semisal penerimaan pegawai negri, pemerintah dirugikan oleh karena calon yang diterima berdasar pada banyaknya suap bukan karena standar penerimaan yang telah ditetapkan. Jika penyelewengan penggunaan hak milik usaha untuk pemerasan ini tidak dibenahi, boleh jadi hukum kelak bisa di beli.
F.     Tidak menggunakan hak milik untuk hal – hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah.
Indonesia memiliki hasil  bumi yang sangat melimpah. Dari sektor pertambangan, perkebunan, pertanian, kelautan, dll. Semua hasil bumi tersebut menjadikan Indonesia kaya akan hasil bumi.walaupun demikian banyak kekayaan Indonesia, kita sebagai rakyat Indonesia tidak diperbolehkan menggunakan kekayaan negara tersebut dengan berlebihan dan gaya hidup mewah. Karena diantara sumber daya alam tersebut ada sebagian yang tidak dapat diperbaharui dan masih banyak saudara kita yang memiliki kehidupan yang tak layak. Sedangkan Indonesia memiliki berjuta kekayaan yang seharusnya turut di nikmati seluruh rakyat Indonesia.
G.    Tidak menggunakan hak – hak milik untuk hal – hal yang bertentangan dengan atau kepentingan umum.
Sering kita mendengar kasus – kasus koruptor yang menjamur di Indonesia. Korupsi dapat jadi karena koruptor melaksanakan hak – hak asasi manusia cenderung untuk berlebih- lebihan, sehingga merugikan negara dan masyarakat. Seharusnya, manusia lebih memprioritaskan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi. Dan kepentingan tersebut hendaknya tidak bertentangan dengan kepentingan umum.

H.    Suka bekerja keras
Kerja keras kita butuhkan untuk mengupayakan apa yang kita inginkan menjadi terwujud. Perwujudan itu hendaknya di lakukan dengan langkah yang benar, sesuai dengan hukum. Namun, banyak orang yang mengupayakan perwujudan keinginannya tersebut dengan cara yang tidak sesuai dengan ajaran nilai Pancasila. Semisal menyuap. Hendaknya kita sebagai bangsa Indonesia yang berpedoman Pancasila mengupayakan perwujuan sesuatu yang ia inginkan dengan kerja keras. Bukanmencari jalan pintas guna keinginannya terwujud.
I.       Suka menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama
Banyak karya anak negeri Indonesia ini yang berprestasi dan berkarya. Hasil karya anak Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Hendaknya kita hargai dan kita dukung hasil karya mereka sebagai hasil karya anak bangsa Indonesia yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama serta memberikan motivasi kepada anak negri Indonesia lainnya untuk tetap terus berkarya.
J.      Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.
Pemerataan perekonomian di Indonesia masih perlu dilaksanakan. Hal ini perlu dikarenakan pertumbuhan ekonomi antar daerah masih berbeda. Jika pertumbuhan peerekonomian Indonesia tidak merata, ini menyebabkan ketertinggalan suatu daerah dengan daerah lain. Pemerintah dalam mengatasi hal ini menggalakan pemerataan penduduk, pemerataan perekonomian dengan program pinjaman modal dll. Langkah pemerintah tersebut berguna untuk mewujudkan pemerintahan yang adil bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila sebagai kepribadian bangsa mengandung nilai yang menuntun rakyat Indonesia untuk berperilaku selaras dengan ajaran Pancasila yang begitu banyak dan memiliki kemanfaatan bagi negara Indonesia guna mewujudkan cita- cita bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan perdamaian dunia.
BAB III
PENUTUP
Ø  Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
1.      Masih banyak perilaku di masyarakat Indonesia yang bertentangan dengan ajaran Pancasila.
2.      Perilaku menyimpang dari nilai filosofi Pancasila nantinya akan membawa dampak buruk bagi bangsa Indonesia.
3.      Penyimpangan dari pengamalan pengamalan Pancasila akan menghilangkan kepribadian bangsa.
Ø  Saran
Kita sebagai warga negara indonesia, harus mengerti akan hak dan kewajiban yang harus dijalankannya, Berperilaku sesuai nilai –nilai moral Pancasila, mengendalikan diri dari kepentingan pribadi agar dapat melaksanakan kewajibannya sebagai manusia sosial, bersama- sama mewujudkan kehidupan berdasar Pancasila

 






DAFTAR PUSTAKA
Ø  MS Bakry, Noor. 1997. Pancasila yuridis kenegaraan. Yogyakarta: Liberti/www. Bof. Kenz.or.id
Ø  Suwarno, P.J. 2004. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Jakarta : Phibeta.


[1] Suwarno, P.J. 2004. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia. Jakarta : Phibeta. Hal 12

30 komentar:

  1. ijin nyimak info nya gan
    keren nih, menarik dan bermanfaat sekali
    thanks ya, sukses terus

    BalasHapus
  2. menarik banget info nya gan
    terimakasih sudah berbagi info nya

    BalasHapus
  3. mantap gan info nya
    bagus dan sangat bermanfaat
    terimakasih atas info nya

    BalasHapus
  4. senang bisa berkunjung ke bloga anda, infonya sangat mernarik dan bermanfaat
    terimakasih, sukses terus

    BalasHapus
  5. ijin nyimak gan informasinya
    menarik dan bermanfaat nih infonya
    thanks ya, sukses terus

    BalasHapus
  6. menrik sekali untuk dibaca
    terimakasih atas info nya
    sukses terus gan

    BalasHapus
  7. hidup pancasila - kunjungi juga blog kami ya gan http://solusisehatanda.com/

    BalasHapus
  8. .matep nih .
    .ijin nyimak gan .. kren gan info nya
    .terimakasih buat infonya ... sukses terus

    BalasHapus
  9. ijin nyimak gan
    infonya menarik dan bermanfaat
    terima kasih banyak

    BalasHapus
  10. mantab

    konsultan peluang bisnis
    www,irmavania.com

    BalasHapus
  11. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085372801819
    PIN : 5C0C4F38

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus
  12. Complete the HBO Max TV sign in process by entering the code from your device. hbomax.com/tvsignin Start streaming HBO Max today.Go to hbomax.com/tvsignin on your computer and choose Sign In (upper-right). If you're already signed in, choose your profile icon and then choose Sign Out.

    BalasHapus
  13. Create a new Roku account to activate your Roku device through the page roku.com/link to activate your Roku device and add channels on Roku.

    To Activating Hulu, you have to visit hulu.com/activate Enter the code offered on your TV screen and clue in to your Hulu account. Article by Activate.

    BalasHapus
  14. The debut of the Microsoft365.com/setup Office has been a pioneering breakthrough. Throughout the past couple of decades, Office saw some substantial updates with the accession of new features every time, and the latest Office Setup available microsoft365.com/setup today is the Office 2019, which can be downloaded from office.com/setup and also the latest version has eight variants – Microsoft Office Ultimate, Enterprise, Professional, Professional Plus, Small Business, Office 365, Home and Student.

    BalasHapus
  15. Get more from Microsoft 365 with Sherweb. Sherweb is a value-added cloud solutions microsoft365.com/setup provider dedicated to your success. Go through microsoft365.com/setup webpage, Sign in, and enter the product key to download and install microsoft365.com/setup Microsoft 365 or Office on your computer. Go through microsoft365 com setup webpage, Sign in, and enter the product key to download and install microsoft365.com/setup Microsoft 365 or Office on your computer.

    BalasHapus
  16. Visit aka.ms/mfasetup NOTE: If you have already set up MFA, you will receive two steps that are different than the steps starting.Go to aka.ms/mfasetup on your computer, enter your email address and password when prompted. If you get the “Windows Security” box enter your email in the top box.Visit aka.ms/mfasetup to setup MFA options by using the wizard depicted below: This is a procedure that only needs to be performed once.

    BalasHapus
  17. Microsoft 365 has all the familiar Office apps and more in one place. Work, learn, collaborate, connect, and create with microsoft365.com/setup To set up Microsoft 365 for the first time, visit microsoft365.com/setup the Microsoft 365 Setup page and follow the instructions on the screen.If you have a Microsoft 365 installed than you don't need to upgrade your office because you already have the most current version of Office and in near future If your purchase of Office microsoft365.com/setup or Microsoft 365 came with a product key, you enter your product key on one of the websites listed below for your product. Visit microsoft365.com/setup or microsoft365.com/setup, Enter the Office Setup product key & Sign in to download Microsoft Office.Go through microsoft365.com/setup webpage, Sign in, and enter the product key to download and install Microsoft 365 or Office on your computer.

    Login to aka.ms/mfasetup with your email address and password. Select Authentication phone from the pull down list.

    BalasHapus
  18. Download HP - Photosmart Printer Software Drivers for Windows to update Photosmart HP Printer Drivers Software Suite and Driver.HP Deskjet 3510 Printer Driver, free and safe download. HP Printer Drivers HP Deskjet 3510 Printer Driver latest version: Officially licensed driver for the HP Deskjet 3510 printer. Download the latest and official version of drivers HP Printer Drivers for HP LaserJet 1100 Printer series. This driver package is available for 32 and 64 bit PCs.HP Officejet 4620 Printer series drivers, free and safe download. HP Printer Drivers HP Officejet 4620 Printer series drivers latest version: Install the latest driver for HP officejet 4620.

    BalasHapus
  19. Download the latest and official version of drivers for HP Printer Drivers HP Deskjet 5650 Printer series. This driver package is available for 32 and 64 bit PCs.

    BalasHapus
  20. To install Norton that you purchased from a retail store or a third-party affiliated website, you need norton.com/setup create a Norton account or add the purchased product to your existing account.

    BalasHapus
  21. Activating McAfee Antivirus. McAfee provides a 25-digit activation key for the mcafee.com/activate purchased McAfee products. It is available ...Get started with McAfee security. Follow the steps for mcafee.com/activate downloading. installing and activating McAfee setup.Get security from online-threats like viruses with McAfee antivirus. Download, install, and activate it on mcafee.com/activate Reach the link www.mcafee.com/activate to download and install McAfee. mcafee.com/activate Input product key via the link mcafee.com/activate to get McAfee activated.mcafee.com/activate products remain the most stable and reliable protection solutions over the world. As the digital world starts the importance of internet .

    BalasHapus
  22. Hp Printer Install Download free download - HP LaserJet 1020 Printer Driver, HP LaserJet HP printer Setup Pro P1102 Printer Driver, HP P2035 Laser Printer Driver, and many more programs.

    Watch TV shows and movies online. Stream TV episodes of Grey's Anatomy, This Is Us, Bob's Burgers, Brooklyn Nine-Nine, Empire, SNL, and popular hulu.com/activate movies on your favorite devices.As soon as Hulu activation is done you can start streaming at the same time.

    Download Hp Printer Drivers For For Windows 10 Free and safe download. hp printer drivers Download the latest version of the top software, games, programs and apps in 2021.

    BalasHapus
  23. A startpage with online resources about portal.office.com Site details, Ranking, News feeds and Widgets, created by start.me.

    BalasHapus
  24. Office 365 is a line of subscription services offered by Microsoft as part of the Microsoft microsoft365.com/setup Office product line. The brand encompasses plans that allow use of the ...
    Learn about Microsoft 365, which teams collaboration software with the full Office suite of Microsoft Office 365 apps in one microsoft365.com/setup integrated solution.Office 365 helps you and your employees work together more effectively. Office 365 is a Cloud-based productivity suite that combines the microsoft365.com/setup latest edition of Microsoft ...Office 365 is a platform that delivers a range of integrated productivity, collaboration and cloud microsoft365.com/setup storage apps that can be accessed from your desktop computer, ..

    The portal.office.com is designed to spread awareness regarding Microsoft Office. As we do not have any affiliation with portal.office.com the use of logos and images is just for information.visit the most interesting Portal Office pages, well-liked by users from USA and India, or check the rest of portal.office.com data below.Portal.office.com is a web project.

    BalasHapus
  25. To activate Office 365 from KTH you do not need a licens key or activtion key. Before. microsoft365.com/setup If you are connected to internet while installing it will activate itself.
    Microsoft 365 combines collaboration tools, the Office suite of Microsoft microsoft365.com/setup Office 365 productivity apps, security & cloud services.Microsoft 365 has all the familiar microsoft365.com/setup Office apps and more in one place. Work, learn, collaborate, connect, and create with Microsoft 365.Microsoft 365 includes everything you know in Office 365. Microsoft 365 is microsoft365.com/setup designed to help people and businesses achieve more with innovative Office apps.

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Untuk berkomentar anda bisa gunakan format di bawah ini.
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email /Kosongkan)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar