Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima kasih anda sudah berkunjung di Website KREASI | Sebuah Kreasi yang mencoba memberikan pengetahuan untuk melangkah dalam masa depan yang Gemilang | Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda |

Kamis, 10 Mei 2012

Menjadi Programmer Handal

Anda tertarik untuk menjadi programmer??? Untuk menjadi seorang programmer handal memang cukup sulit, tetapi dengan semangat, tekad, dan kegigihan serta sikap tak mudah putus asa, akan membawa anda menuju kesuksesan. Jadi janganlah anda berharap bisa menjadi programmer, jika anda seorang pemalas dan mudah putus asa. Harapan itu selalu ada, yakini itu. Oke, langsung ke topik permasalahan...

Untuk menjadi programmer ada beberapa kelas aplikasi yang digunakan. Dari yang paling mudah hingga yang paling rumit. Tapi tenang saja seperti yang saya bilang tadi, dengan kegigihan anda bisa menyelesaikan tantangan ini.

Beberapa Jenis Bahasa Pemrograman dan Aplikasinya:

    Small Basic
    Aplikasi pemrograman bahasa komputer ini terbilang sederhana. Cocok untuk programmer yang baru pemula. Anda bisa mendownloadnya dengan mencari di Google/Yahoo!. Aplikasi ini tidak terlalu rumit, biasanya dalam paket file yang anda download pasti ada tutorial/panduannya. Tetapi jika tidak ada, tidak masalah cari lagi di 'gugel' atau 'yahu'. Basis aplikasi untuk menjalankannya menggunakan Command Prompt.
    Microsoft Visual Basic Visual Basic atau sering disebut 'VB' merupakan bahasa pemrograman tingkat lanjut. Digunakan bagi para programmer tingkat menengah. Anda bisa mencarinya di google. Anda bisa mendownloadnya yang versi portable atau enterprise/full. Untuk yang portable, ada beberapa fitur yang mungkin tidak disertakan, tetapi ukuran file-nya relatif kecil. Punya saya berukuran kurang lebih 6 MB yang versi 6.0 portable, pengalaman dulu suka buat cheat game yang saya suka, seperti Point Blank.
    Microsoft Visual Basic .NET
    Microsoft Visual Basic .NET adalah sebuah alat untuk mengembangkan dan membangun aplikasi yang bergerak di atas sistem .NET Framework . dengan menggunakan bahasa BASIC. Dengan menggunakan alat ini, para programmer dapat membangun aplikasi Windows Forms, Aplikasi web berbasis ASP.NET, dan juga aplikasi command-line.  Dua perubahan tipe data pun terjadi saat berpindah ke Visual Basic .NET. Dibandingkan dengan Visual Basic 6.0, tipe data Integer yang dimiliki oleh Visual Basic .NET memiliki panjang dua kali lebih panjang, dari 16 bit menjadi 32 bit. Selain itu, tipe data Long juga sama-sama berubah menjadi dua kali lipat lebih panjang, dari 32 bit menjadi 64 bit. Bilangan bulat 16-bit dalam Visual Basic .NET dinamakan dengan Short. Lagi pula, desainer GUI Windows Forms yang terdapat di dalam Visual Studio .NET atau Visual Basic .NET memiliki gaya yang sangat mirip dengan editor form Visual Basic klasik.
    Visual C# (Sharp)
    Apa itu Visual C#?Microsoft Visual C# adalah sebuah program alat bantu pemrograman (Rapid Application Development tool) yang dibuat oleh Microsoft Corporation dan dapat digunakan untuk membuat program berbasis grafis dengan menggunakan bahasa pemrograman mirip C++. Program ini telah dimasukkan ke dalam produk Microsoft Visual Studio, bersama-sama dengan Visual C++, Visual Basic, Visual FoxPro serta Visual J#. Sejauh ini, program ini merupakan program yang paling banyak digunakan oleh para programmer untuk membuat program dalam bahasa C#. 
     Visual FoxPro
    Apa itu Visual FoxPro?Visual FoxPro adalah bahasa pemrograman berorientasi objek dan prosedural dari Microsoft. Awalnya bahasa pemrograman ini dikenal dengan nama FoxBASE yang diluncurkan oleh Fox Software pada awal 1984. Fox Technologies kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992 sehingga di depan nama FoxBASE ditambahkan awalan "Visual".
    Visual C++
    Dilengkapi dengan alat pengembangan dan pengoreksian kode C++, khususnya kode yang tertulis untuk Microsoft Windows API, DirectX API, dan Microsoft .NET Framework.
    Edisi Terakhir...
        Microsoft Visual C++ 2010 Express Edition (gratis download di situs MSDN)
        Microsoft Visual Studio 2010 Professional
        Microsoft Visual Studio 2010 Team Foundation
        Microsoft Visual Studio 2010 Premium
        Microsoft Visual Studio 2010 Ultimate
    Visual J#
    Apa itu Visual J#? Visual J# dibaca 'jey-sharp' adalah bahasa pemrograman yang diluncurkan oleh Microsoft Visual J++ juga oleh Java Sun Microsystem. Programmer bisa mengembangkan program, berdasarkan pengetahuan dasarnya jika dia pernah menguasai platform Microsoft .NET. Perbedaan J# dengan Java yaitu Java dan J++ menggunakan sintaksis umum yang sama, akan tetapi ada konvensi non-Java di dalam J# yang berfungsi untuk mensupport perlengkapan .NET. J# tidak mengkompilasikan source code bahasa Java dan tidak mendukung pengembangan Java Applet.
    Delphi
    Apa itu Delphi? Borland Delphi adalah IDE yang digunakan untuk membuat aplikasi yang cocok dengan sistem operasi Windows 2000, XP dan Vista. Delphi tidak hanya digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada tiga platform tersebut, tapi juga bisa aplikasi yang dibuat menggunakan Delphi bisa diinstal pada ketiga sistem operasi tersebut. Hal ini tentunya memberikan ke fleksibelitasan untuk digunakan pada sistem operasi yang anda butuhkan. Delphi for Win32 bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada sistem operasi Windows Vista dengan lingkungan Win32, mudah untuk membuat aplikasi web yang mendukung bahasa pemrograman AJAX (versi 2007 atau versi 12), dan memiliki koneksi pada database bertaraf enterprise. 
    Semoga Bermanfaat???

0 komentar:

Tinggalkan Komentar Anda

Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Untuk berkomentar anda bisa gunakan format di bawah ini.
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email /Kosongkan)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar