Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima kasih anda sudah berkunjung di Website KREASI | Sebuah Kreasi yang mencoba memberikan pengetahuan untuk melangkah dalam masa depan yang Gemilang | Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Anda |

Sabtu, 12 Mei 2012

Trik dan Tips SEO secara mudah

Banyak yang menanyakan tentang trik-trik SEO (Search Engine Optimization) kepada saya. Padahal saya sendiri belum paham dan tahu betul bagaimana SEO itu sebenarnya. Saya pun hanya meniru apa yang dikatakan Blogger Master yang sudah sukses sebelumnya dengan trik SEO ini. Walaupun begitu, saya akan coba memberikan trik-trik serta tips SEO yang mudah diikuti.

Tapi sebelumnya, saya akan memberitahukan di sini bahwa SEO itu legal asal mengikuti aturan Google dan search engine lainnya. Beberapa teknik yang dilarang seperti keyword stuffing, doorway pages, link farming, auto generated pages atau scraper pages tidak boleh digunakan. Bila ketahuan Google, resiko dibanned dan dikeluarkan dari index Google akan diterima.

Beberapa trik SEO yang saya ketahui di antaranya :

1. Daftarkan dahulu Website atau Blog pada Search Engine besar.
Google - http://google.com/addurl
Yahoo! - Submit URL to Yahoo!
MSN - Submit URL to MSN
Cek di Mesin pencari. Ketikkan dan cari alamat website/blog anda, apakah sudah terindex atau belum.

2. Buat feed untuk Blog.
Feed ini sangat penting. Bisa di daftarkan Feedburner.com

3. Pilih judul postingan yang menarik.
Judul menentukan isinya. Semisal, kita menulis tentang cara-cara memancing yang kita ketahui. Tidak dianjurkan memilih judul "Memancing di hari minggu". Akan lebih baik judul postingan anda "10 Cara Memancing yang Benar".

4. Gunakan Bold dan Italic pada isi postingan.
Search Engine menyukai artikel-artikel yang memberikan penekanan pada kata-kata.

5. Buat struktur tampilan Blog yang rapi dan jelas.
Struktur yang jelas memudahkan robot search engine untuk menjaring blog kita.

6. Link Exchange dengan Tema yang sama.
Bila blog anda membahas satu tema secara mendetail, akan lebih baik bila memiliki link yang membahas tema yang sama. Hal ini akan meningkatkan popularitas blog dan juga akan meningkatkan ranking. Contohnya bila blog anda membahas tentang SEO maka akan lebih baik bila bertukar link dengan Blog yang berisi tentang SEO yang lainnya.

7. Kurangi aksesoris blog yang tidak berguna.
Terlalu banyak pernak-pernik akan menjadikan blog/website menjadi berat. Selain loading akan memakan waktu yang lebih lama. Juga berpengaruh pada robot search engine yang dapat berhenti saat "crawl" karena ukurannya yang berat.

Ini hanya sebagian kecil teknik SEO yang saya ketahui. Saya pun masih belajar dan akan lebih baik bila kita mengembangkan trik SEO tanpa mengubah aturan dasar dan legalitasnya.

0 komentar:

Tinggalkan Komentar Anda

Silakan berkomentar dengan baik dan sopan. Untuk berkomentar anda bisa gunakan format di bawah ini.
Format untuk komentar:
1. Pilih profil sebagai Name/URL
2. Isikan nama anda
3. Isikan URL (Blog/Website/Facebook/Twitter/Email /Kosongkan)
4. Isikan komentar
5. Poskan komentar